Baru Kembali dari klub, Shin Tae-yong Asah Mental Pemain Timnas

by

SAMARINDANEWS.COM – Shin Tae-yong harus kembali membenahi ulang mental pemain Timnas Indonesia setelah kembali dari klub. Saat ini Garuda menjalani Pemusatan Latihan (TC) di klub.

Timnas Indonesia menjalani TC di Bali sebagai persiapan jeda internasional melawan Timor Leste. Dua laga uji coba pada agenda FIFA Matchday itu akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 27 dan 30 Januari.

Ada 27 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC kali ini. Hanya Elkan Baggott yang tidak bisa memenuhi panggilan karena tak dilepas klubnya Ipswich Town.

Dijelaskan Shin Tae-yong, pemain tidak dalam kondisi terbaik dalam TC Timnas Indonesia kali ini. Para pemain yang terdiri dari mayoritas skuad Piala AFF 2020, baru saja berkompetisi bersama klubnya masing-masing di BRI Liga 1 2021.

“Setelah Piala AFF para pemain kembali ke klub, mentalnya sedikit menurun. Saya akan perkuat mental mereka lagi, dan memperbaiki kekurangan yang ada,” kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

“Jadi kami baru akan latihan taktik besok (Minggu, 23 Januari) untuk menghadapi Timor Leste,” ujarnya menambahkan.

Uji coba melawan Timor Leste sebenarnya bukan bagian dari rencana PSSI. Awalnya federasi menjadwalkan Bangladesh dan Brunei sebagai lawan uji tanding Timnas Indonesia.

Bangladesh kemudian meminta PSSI untuk bermain dua kali menghadapi Timnas Indonesia sehingga uji coba melawan Brunei batal. Tapi Bangladesh juga batal bertanding karena terkendala masalah vaksinasi, sehingga PSSI akhirnya memilih Timor Leste sebagai lawan pengganti.

Shin Tae-yong mengakui bahwa berbagai perubahan rencana itu sedikit mengganggu. Apalagi sempat ada ketidakpastian kapan dan berapa kali agenda uji coba Timnas Indonesia melawan Timor Leste.

Sementara Timor Leste menjalani karantina terlebih dahulu di Jakarta. Negara tetangga Indonesia itu baru bisa terbang ke Bali pada 24 Januari.

“Jujur, ada masalah pandemi saat ini. Seperti misalnya ada perubahan. Jadwal Timnas itu harus lebih jelas dan tidak ada perubahan. Tetapi, karena pandemi, ya mau tidak mau harus terjadi perubahan seperti ini,” ucap Shin Tae-yong.

Source: detik.com