Lakukan Perawatan Ini Untuk Cegah Mobil Karatan

by

SAMARINDANEWS.COM – Menghadapi musim hujan di penghujung akhir tahun ini membuat para pemilik mobil harus lebih ekstra merawat mobil kesayangannya, apalagi bahaya mobil karatan mengancam. Berbeda dengan musim kemarau, kendaraan roda empat umumnya butuh perawatan lebih intens saat musim hujan.

Ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan untuk memastikan performa mobil tetap prima dalam menghadapi efek curah hujan yang meningkat. Seperti apa perawatan mobil di musim hujan?

Tingginya kadar kelembaban dan kandungan zat asam air hujan yang menempel pada bagian mobil bisa merusak cat mobil dan menyebabkan karat. Bukan hanya merusak sisi penampilan, air hujan yang masuk ke dalam komponen mesin mobil juga bisa mengganggu kinerjanya.

Ingin tahu apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mobil saat musim hujan? Berikut tipsnya menurut detik.com:

1. Lakukan pembersihan komponen mesin mobil

Air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen mesin melalui celah kap mobil. Padahal, komponen mesin adalah salah satu bagian krusial yang menentukan performa mobil. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa tidak ada satu pun fungsi komponen mesin yang terganggu karena adanya endapan kotoran yang terbawa oleh air hujan.

2. Perhatikan kondisi wiper dan permukaan kaca

Wiper mobil memegang peranan penting untuk menjaga keselamatan berkendara di tengah hujan. Untuk merawat permukaan kaca mobil, bisa memakai metode Window Coating atau pemberian lapisan coating pada kaca mobil sebagai alternatif proteksi lebih optimal. Layanan ini akan melapisi permukaan kaca dengan partikel nano yang membuat air sulit menempel, sehingga Anda akan merasa tetap nyaman saat berkendara di tengah kondisi hujan dengan jarak pandang lebih jernih.

3. Jangan menunda cuci mobil

Malas mencuci mobil di musim hujan karena takut merasa sia-sia akan menjadi kotor lagi akibat terguyur hujan atau terciprat genangan air? Faktanya, Anda tidak boleh membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya di bodi dan kaca mobil untuk menghindari risiko menempelnya water spot atau bercak jamur.

4. Berikan perawatan khusus agar cat mobil tetap awet

Mobil yang sering terkena hujan tanpa diberi perawatan khusus lambat laun akan mengalami kerusakan pada permukaan cat mobil. Selain mencuci mobil, Anda dapat memberikan sentuhan lebih pada mobil dengan melakukan coating khusus pada bodi mobil.