5 Bumbu Dapur Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

by

SAMARINDANEWS.COM – Pandemi Covid-19 kembali melonjak di Indonesia. Untuk mencegah terpapar virus, konsumsi bumbu dapur yang bisa meningkatkan imunitas tubuh berikut ini.

Rempah merupakan salah satu bumbu dapur yang umum ditemui pada masakan Indonesia. Mulai dari jahe, pala, bawang putih, lada hitam, hingga kayu manis.

Tak hanya digunakan untuk membumbui masakan, rempah-rempah atau bumbu dapur juga bisa digunakan untuk meracik minuman herbal. Fungsinya tak lagi hanya untuk menambah cita rasa, tapi juga menyehatkan tubuh.

Seperti dilansir detikcom, rempah-rempah tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga tubuh bisa tetap sehat dan rentan terpapar Covid-19.

Berikut 5 rempah atau bumbu dapur untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindari dari Covid-19.

1. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu bumbu wajib setiap masakan khas Indonesia. Bawang putih yang memiliki aroma tajam ini bisa menambahkan cita rasa dan juga aroma pada masakan.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung beragam nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh. Dikarenakan bawang putih mengandung zat antiseptik, antibakteri, dan antijamur.

Zat tersebut bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Karenanya dapat membantu tubuh dalam melawan atau menghancurkan virus dan mikroorganisme lainnya.

2. Jahe
Jahe sangat umum ditemui pada masakan dan minuman tradisional Indonesia. Karena jahe memiliki sifat dapat menghangatkan tubuh, sehingga banyak diracik menjadi minuman. Seperti wedang jahe, bir pletok, susu jahe, dan lainnya.

Biasanya wedang jahe diminum saat cuaca dingin atau saat sedang sakit. Karena, salah satu manfaat jahe bisa meredakan sakit flu. Jahe juga memiliki manfaat sebagai zat anti-inflamasi dan kaya antioksidan. Karena itu bisa meningkatkan imunitas tubuh.

3. Lada Hitam
Lada hitam umumnya dijadikan bumbu masakan. Rempah yang memiliki rasa pedas dan hangat ini sering digunakan untuk membumbui daging. Seperti masakan tumisan daging lada hitam, steak, dan lainnya.
Beberapa orang juga menjadikan lada hitam sebagai campuran teh herbal. Karena di dalamnya mengandung zat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mencegah infeksi.

Lada hitam juga diperkaya dengan vitamin C yang bekerja sebagai zat antioksidan. Sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

4. Kayu Manis
Kayu manis juga salah satu rempah yang mudah ditemui di Indonesia. Biasanya digunakan untuk membumbui masakan, campuran kue, dan minuman. Tak hanya memberikan aroma yang nikmat, kayu manis juga menyehatkan.

Karena di dalamnya dikemas dengan nutrisi penting seperti vitamin A, B6, C, E, dan K. Kandungan zat antoksidan pada kayu manis juga tinggi sehingga baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

5. Pala
Pala banyak tumbuh di Indonesia dan sering dijadikan salah satu bumbu masakan. Aromanya kuat dan bisa menambahkan cita rasa pada makanan. Kalau di Indonesia, pala banyak digunakan pada masakan gulai, kari, semur, dan lainnya.

Pala juga bisa dicampurkan ke dalam racikan minuman herbal. Pala juga enak dicampurkan ke dalam minuman latte. Saat dicampurkan ke dalam racikan minuman akan memberikan sensasi hangat pada tubuh.

Rempah ini bisa meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki sifat antibakteri yang tinggi. Zat ini bisa membantu tubuh melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. (mg1)