5 Langkah Mudah Merawat Monstera, “Must Have Item” Tanaman Hias

by

SAMARINDANEWS.COM-Monstera menjadi salah satu must have item bagi pecinta tanaman hias. Bentuknya yang unik menjadi salah satu alasan begitu banyak orang menyukai tumbuhan berdaun lebar ini.

Monstera kini sudah menjadi tanaman kekinian yang wajib menghiasai semua rumah.

Selain itu, dari berbagai jenis tanaman hias, monstera paling direkomendasikan bagi pemula yang baru akan menjajal hobi ini.

Tanaman tropis ini sangat mudah dipelihara karena tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Bentuknya yang unik dan menyegarkan juga membuatnya cocok diletakkan di dalam maupun di luar ruangan.

Meski demikian, bukan berarti tanaman ini tidak butuh diperhatikan sama sekali.

Meski tergolong kuat, ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk membuatnya tumbuh subur dan sehat.

Berikut tipsnya seperti dilansir dari akun Instagram Luna Farm antara lain:

Sinar matahari cukup

Monstera mudah tumbuh di mana saja baik indoor maupun outdoor. Namun pastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari yang cukup, tidak kurang atau berlebihan.

Paparan sinar matahari yang cukup akan membuat tanaman ini tumbuh tinggi lebih cepat. Sebaliknya, jika terlalu banyak maka akan membuat daunnya kering seperti terbakar.

Jika ingin menaruhnya di teras, letakkan di posisi yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Sediakan turus

Tanaman ini bisa dikatakan sangat suka merambah sehingga akan lebih baik jika tonggak.

Tiang khusus tanaman ini disebut dengan turus dan bisa dibeli dengan mudah di toko perlengkapan pertanian.

Turus yang berlapis lumut paling baik untuk memicu pertumbuhan monstera. Meski demikian, bisa juga menggunakan turus berbahan coco fiber.

Siram secara rutin Monstera direkomendasikan bagi pemula karena tidak perlu disiram terlalu sering. Penyiraman cukup dilakukan 1-2 kali seminggu untuk hasil optimal.

Opsi lainnya adalah menyiramnya ketika bagian atas media tanaman ini sudah nampak mengering. Pastikan jangan sampai daunnya layu karena dapat membuat tanaman ini mati.

Media tanam lembap

Tanaman ini sangat cocok dengan media tanam yang lembap. Karena itu sangat disarankan untuk melakukan misting yaitu penyiraman berupa droplet halus.

Lakukan misting selama 2-3 kali seminggu untuk menjaga kelembapannya. Lakukan selang seling dengan jadwal penyiraman dan pastikan jangan berlebihan agar akarnya tidak membusuk.

Media tanam porous

Sangat disarankan untuk menggunakan media tanam yang bersifat porous alias dapat meneruskan air dan menyediakan rongga udara.

Kombinasi lumut dan arang sekam akan jadi pilihan yang baik.

Media dengan sifat seperti ini akan memastikan akar monstera mendapatkan asupan air yang memadai namun tidak membuat busuk. (Kompas.com)