Ini 7 Rempah yang Menyehatkan Paru-paru

by

SAMARINDANEWS.COM – Makanan yang menyehatkan paru-paru ada banyak jenisnya, termasuk rempah dan bumbu dapur ini. Konsumsinya juga bisa bikin pernapasan lega!

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, maka penting untuk memerhatikan kesehatan paru-paru. Organ vital ini berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Kesehatan paru-paru bisa dijaga dengan konsumsi makanan yang tepat. Dengan begitu fungsinya akan optimal dan dampak positif akan dirasakan seseorang.

Respiratory Therapy Zone (28/7) menjelaskan beberapa makanan baik dikonsumsi untuk menyehatkan paru-paru. Namun sifatnya bukan obat yang menyembuhkan, melainkan pendukung agar organ paru-paru berfungsi maksimal.

Ada pula rempah yang bagus dikonsumsi untuk kesehatan paru-paru. Mulai dari jahe, kunyit, hingga oregano. Rempah-rempah ini juga membantu membuat pernapasan lega.

Berikut 7 rempah yang menyehatkan paru-paru dan bikin pernapasan lega seperti dilansir detikcom:

1. Jahe
Jahe sejak lama dikenal sebagai rempah kaya khasiat. Jahe bahkan dipakai sebagai salah satu ‘obat’ asthma. Sifatnya bukan hanya melawan peradangan, melainkan juga meningkatkan relaksasi otot polos di saluran udara paru-paru yang membuat pernapasan jadi lebih lega.

Pada beberapa penelitian, ekstrak jahe juga diketahui dapat membunuh sel kanker yang ada pada paru-paru. Kamu bisa mengolah jahe jadi wedang atau campuran minuman sehat lainnya. Minuman ini sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

2. Kunyit
Rempah yang menyehatkan paru-paru selanjutnya adalah kunyit. Seolah sepasang dengan jahe, rimpang berwarna kuning ini juga terkenal dengan sifat antiinflamasi-nya.

Curcumin pada kunyit ampuh melawan peradangan sekaligus membuat pernapasan lebih lega. Karenanya kunyit kerap diandalkan untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat hingga inflamasi yang menyebabkan sesak napas.

3. Bawang putih
Bawang putih adalah rempah lain yang juga bermanfaat untuk atasi inflamasi. Sifatnya bukan hanya meredakan peradangan, melainkan juga memiliki senyawa antiseptik yang bantu tubuh melawan infeksi.

Sebuah hasil penelitian menunjukkan konsumsi bawang putih mentah baik untuk kesehatan paru-paru. Bahkan bisa mengurangi tingkat kejadian kanker paru-paru di kalangan perokok hingga 40%.

4. Bawang bombai
Bawang bombai dikenal sebagai sayuran, namun banyak orang juga menggunakan bawang bombai kering sebagai bumbu masakan. Perlu diketahui, mengonsumsi bawang bombai baik untuk kesehatan.

Jenis bawang manis ini bisa mengurangi inflamasi dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kombinasi ini bisa meningkatkan kesehatan sistem kardiopulmoner.

5. Cabai
Rempah yang menyehatkan paru-paru selanjutnya adalah cabai. Biasanya dipakai dalam bentuk bubuk untuk membumbui masakan. Selain menghadirkan rasa pedas, rempah ini juga merangsang sekresi sehat di dalam tubuh yang melindungi selaput lendir.

Hal ini penting karena paru-paru mengandung sejumlah besar jaringan selaput lendir, tempat pertukaran oksigen/karbon dioksida berlangsung.

Cabai juga mengandung beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti meredakan gejala asma. Kandungan capsaicin pada cabai juga bantu melawan infeksi dan menyehatkan aliran darah. Tentu kondisi aliran darah yang sehat bisa meningkatkan nutrisi tambahan ke paru-paru.

6. Oregano
Oregano adalah herba populer dalam masakan Italia. Dikutip dari Times Now News (28/7), konsumsinya bagus untuk kesehatan paru-paru karena mengandung asam rosmarinic.

Komponen ini membantu mengurangi histamin dalam tubuh, yang diketahui menyebabkan peradangan. Oregano juga mengandung caryacrol yang membantu melegakan paru-paru. Selain itu, oregano memiliki sifat antimikroba yang membantu menjauhkan paru-paru dari infeksi dan patogen.

7. Thyme
Rempah yang menyehatkan paru-paru ini bernama timi atau thyme. Biasanya dipakai sebagai bahan pembuatan teh ataupun bumbu daging panggang hingga sup.

Thyme kaya akan antioksidan seperti apigenin dan luteolin. Antioksidan ini membantu tubuh melawan peradangan. Konsumsi thyme juga membantu mengendurkan saluran udara dan membersihkan paru-paru. (mg1)