Ini 7 Jus Buah dan Sayur Untuk Turunkan Berat Badan

by

SAMARINDANEWS.COM – Banyak orang tak terbiasa sarapan dengan makanan berat seperti nasi atau roti. Segelas jus sayuran dan buah segar bisa jadi alternatif untuk sarapan sehat.

Jus bisa menjadi cara cepat dan nyaman untuk memasukkan beberapa nutrisi tambahan ke dalam pola makan dan menurunkan berat badan. Cara membuatnya juga praktis.

Jika kamu pecinta jus, ada baiknya untuk tak menambahkan terlalu banyak gula ke dalamnya. Beberapa jenis jus tinggi gula dan rendah serat, yang dapat meningkatkan asupan kalori dan bahkan menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu.

Hal ini terutama berlaku untuk banyak jus yang dibeli di toko atau jus kemasan, yang sering kali diberi banyak gula, perasa buatan, dan pengawet.

Untungnya, ada banyak jus buah dan sayur segar yang bisa kamu buat di rumah hanya dengan beberapa bahan sederhana. Cukup memakai juicer atau blender.

Berikut 7 jus buah dan sayur untuk menurunkan berat badan. Baik dikonsumsi saat sarapan untuk menurunkan berat badan, seperti dilansir detikcom.

1. Jus seledri
Mengutip Healthline, jus seledri rendah kalori dan mengandung 95 persen air. Studi menunjukkan bahwa memilih makanan dan minuman dengan kepadatan kalori yang lebih rendah dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak.

Jus seledri juga merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melawan peradangan.

2. Jus bit
Pikir lagi kalau alasan kamu malas makan bit lantaran rasa dan aroma yang sedikit tak menyenangkan. Tapi bit mengandung senyawa bermanfaat seperti nitrat yang baik untuk diet.

Nitrat dapat membantu meningkatkan efisiensi dan daya tahan otot, serta mengurangi tingkat tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Bit utuh rendah kalori dan sarat dengan serat, yang dapat membantu mendukung keteraturan, memperlambat pengosongan perut, dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama untuk meningkatkan manajemen berat badan.

Mengutip Times of India, jus bit sangat membantu dalam menjaga pergerakan usus yang sehat karena menjadi sumber yang baik dari serat makanan larut dan tidak larut.

3. Jus delima

Selain enak dan menyegarkan, jus delima adalah minuman sehat rendah kalori yang dapat mendukung penurunan berat badan.

Menurut satu penelitian pada hewan, jus delima memblokir kenaikan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar.

“Delima kaya akan antioksidan, polifenol, dan asam linolenat terkonjugasi – yang semuanya membantu Anda membakar lemak dan meningkatkan metabolisme Anda. Jus delima juga membantu menekan nafsu makan Anda,” ungkap Ahli Manajemen Berat Badan yang berbasis di Delhi, Gargi Sharma.

4. Jus sayuran hijau

Anda bisa menggunakan campuran sayuran seperti bayam atau kale sampai pok coy.

Bahan-bahan ini tinggi serat, rendah gula, dan penuh dengan antioksidan anti-inflamasi. Plus, jus hijau mudah disesuaikan dengan selera Anda dengan menukar bahan favorit Anda. Untuk jus hijau sederhana yang bisa Anda buat di rumah, coba campurkan bayam, mentimun, apel hijau, dan seledri – lalu nikmati.

5. Jus semangka

Selain rendah kalori, semangka adalah sumber nutrisi mikro yang menyehatkan jantung seperti potasium dan antioksidan pendukung kekebalan vitamin A dan C.

Ini juga menawarkan kandungan air yang tinggi, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan merasa lebih kenyang.

6. Jus lemon dan jahe

Kedua bahan ini bisa membantu mendapatkan rasa dan manfaat tambahan untuk diet. Lemon dapat membantu menambahkan sedikit rasa pada minuman Anda sambil mendapatkan beberapa antioksidan tambahan.

Beberapa penelitian pada manusia dan hewan juga menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Anda bisa mencampurkan lemon dan jahe ke dalam jus sayuran favorit Anda.

Untuk memulai, cukup tambahkan seruas kecil jahe yang sudah kupas, beberapa ml jus lemon segar, dan 1 cangkir (30 gram) bayam mentah ke blender dan haluskan.

7. Jus wortel

Wortel bukan cuma bisa membantu meningkatkan kesehatan mata Anda tapi juga berat badan.

Jus wortel adalah minuman padat nutrisi, memiliki banyak vitamin A dan karotenoid.

Mengutip NDTV, Jus wortel sangat bagus untuk menurunkan berat badan karena wortel rendah kalori dan penuh serat. Jus wortel juga dikenal meningkatkan sekresi empedu yang membantu membakar lemak sehingga membantu penurunan berat badan.

Segelas besar jus wortel akan membuat Anda kenyang hingga makan siang, jadi Anda tidak perlu khawatir akan ‘serangan’ camilan yang tidak diinginkan. (mg1)