Ingin Road Trip? Siapkan Dulu Barang-barang Ini!

by

SAMARINDANEWSPOS.COM– Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menuju destinasi wisata #DiIndonesiaAja. Salah satunya, yaitu melalui jalan darat atau yang lebih dikenal dengan istilah road trip.

Infrastuktur yang dibangun oleh pemerintah menjadi solusi untuk memudahkan dan mempersingkat waktu perjalanan. Seperti halnya Jalan Tol Trans Jawa, yang kini sudah mencapai Probolinggo.

Untuk menikmati momen road trip, ada baiknya wisatawan membekali diri dengan beragam kebutuhan. Mulai dari kuliner hingga berbagai kebutuhan yang bersumber dari sektor ekonomi kreatif yang kini sedang dimaksimalkan lewat gerakan #BanggaBuatanIndonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun dalam Opus Creative Economy Outlook 2019, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp1.105 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau seluruh pihak yang terlibat di sektor ekonomi kreatif untuk berkolaborasi.

Hala ini tentunya dalam rangka memanfaatkan kekuatan ekonomi kreatif agar nantinya tujuan agenda pembangunan berkelanjutan dapat tercapai.

“Semua orang harus memiliki andil dalam membantu menggeliatkan kembali industri ekonomi kreatif di Indonesia bahkan global,” ujar Sandiaga dalam acara International Year of Creative Economy 2021 (IYoCE 2021) bertajuk ‘Creative Economy for Inclusive Development and Global Recovery’ pada akhir Januari 2021.

Sebelum pergi melakukan road trip, mari penuhi kendaraan dengan beragam produk buatan lokal agar perjalanan makin aman, nyaman, dan menyenangkan. Kira-kira barang apa saja yang perlu dibawa? Berikut daftarnya.

Obat-obatan dan hygiene kit
Hal apapun yang tidak diinginkan dalam perjalanan dapat terjadi seperti sakit, pusing, mabuk di perjalanan, atau terluka. Obat-obatan pribadi dan hygiene kit seperti masker, hand sanitizer dan disinfektan wajib tersedia di dalam kendaraan

Konsumsi
Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki menu kuliner khas yang mudah ditemui di sepanjang jalan. Namun, hal ini bukan penghambat untuk membawa beragam jenis kuliner dalam kendaraan.

Makanan ringan seperti keripik, buah, bumbu andalan, hingga minuman dalam kemasan buatan lokal adalah menu wajib untuk masuk dalam kendaraan ketika road trip.

Pakaian
Soal urusan fesyen, jelas tidak mau kan kalau tiba di lokasi wisata tapi salah kostum atau stoknya sudah habis? Nah, itu sebabnya pakaian juga harus diperhitungkan.

Jangan sampai ketika sudah niat main ke pantai, tetapi melewatkan busana pantai buatan lokal yang kece. Rugi banyak!

Perlengkapan makan
Jangan lupa juga uuntuk bawa perlengkapan makan buatan lokal. Seperti halnya piring, gelas, sendok, dan garpu yang bisa digunakan berkali-kali untuk mengurangi sampah plastik.

Kalau semua barang di atas sudah lengkap, road trip pasti akan terasa aman dan nyaman. Selain itu, usahakan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun. (inews)

(CM)